Minuman Sehat

minuman sehat
Kopi Sehat
Klinikesehatan.Com - Tubuh manusia sangat membutuhkan minuman untuk memperlancar kerja organ tubuh. berdasarkan bahan pokok minuman sehat terdiri dari 3 bahan yaitu: air sehat, gula sehat dan bahan dasar minuman. 

Baca Lainnya: Makanan Sehat

1. Air Sehat

Air dalam rumus kimia dinyatakan dengan H2O. Komposisi dalam tubuh manusia terdiri dari 70% air dan 30% sisanya yang lain. Karena air yang berperan sangat penting bagi tubuh maka disarankan untuk minum 8 Gelas/hari senilai dengan 2 liter air. Kenapa demikian? karena dengan air dapat memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Jika kekurangan air dalam tubuh maka akan merasakan dehidrasi yang akan berimbas pada kematian. Orang hanya mampu bertahan tanpa air hanya 24jam, lain halnya dengan kebutuhan makanan yang bisa tahan hingga berhari-hari. Dari hal tersebut maka air sangatlah penting bagi kita, namun perlu diketahui bagaimana air minum yang sehat.

Air yang sehat bisa dilihat dari segi fisik, kimia dan mikrobiologi. secara fisik, air berwarna jernih, tidak bau dan tidak berasa. Dari segi kimia, air memiliki PH netral sedangkan dari segi mikrobiologi air tidak mengandung mikroba yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Gula Sehat

Gula adalah bahan pemanis yang dapat digunakan untuk minuman, seperti gula pasir, gula kastor, gula bubuk, gula batu, gula jagung, gula aren dan gula jawa.
Banyaknya jenis gula yang ada namun tidak semua gula menyehatkan bagi tubuh. Yang termasuk minuman sehat hanya terdapat pada Gula jawa.Dalam Gula terdapat riboflavin, protein, thiamine, nicotinic dan vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh sebagai berikut:
  • Mengobari Batuk dan demam
  • Membantu pertumbuhan gigi
  • Menguatkan jantung
  • dan sebagainya


3. Bahan dasar Makanan sehat

Bahan dasar yang tersedia dialam untuuk dijadikan minuman sehat sangat banyak. sebut saja yang sering kita minum jeruk, teh, susu, kedelai, kopi, madu, jahe dan lain sebagainya. Dari bahan dasar tersebut mempunyai khasiat masing-masing bagi kesehatan tubuh sehingga selalu sehat.

Demikian ragkai Minuman sehat yang kami uraikan dalam 3 jenis. Semoga dapat mengisi ruang kosong pikiran anda sehingga menjadi lebih diisi hal menabjubkan.

Selamat Malam

0 Response to "Minuman Sehat"

Posting Komentar