Makanan Sehat Untuk Tubuh Kuat

Klinikesehatan.Com - Pada kesempatan awal ini ijinkan klinik kesehatan untuk mengulas sedikit tentang makanan sebagai dasar utama kesehatan yaitu bagaimana memilih makanan yang sehat bagi tubuh. Mungkin bagi sebagian orang tidak pernah memperhatikan kandungan apa saja yang terdapat dalam makanan. Padahal kandungan yang terdapat pada makanan sangat memperngaruhi kesehatan dalam jangan pendek maupun panjang.

makanan
Makanan Sehat


Komposisi yang menjadi ukuran apakah makan itu sehat ataupun tidak dapat dilihat dari segi protein, serat, kalsium, kalium dan vitamin. Berikut ini akan sedikit diuraikan komposisi dalam makanan sehat yang perlu diperhatikan:

1. Makanan Berprotein

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa makanan yang mudah dan murah mengandung protein adalah putih telur. dalam putih telur mengandung 14% kolesterol dan 64% Vitamin D. Dan protein pada putih telor dapat dicerna 100% oleh tubuh.(USDA)
Selain itu ikan tuna juga baik untuk mendapat protein tinggi.Ikan tuna memiliki kandungan vitamin b6 dan B12 yang memperlancar sistem saraf dan menjaga kekebalan tubuh. Diet dengan protein tinggi dapat menurunkan berat badan hingga 2 kali lebih banyak dibanding dengan diet dengan rendah protein. (Peneliti denmark)

2. Makanan Berserat

Kata siapa makanan berserat susah untuk ditemukan. Padahal makanan berserat dapat ditemukan dimana saja. Di warung makan yang kecil saja dapat menemukan makanan kaya serat. Jika makanan serat dikonsumsi secara teratur akan mencegah serangan jantung, kanker, kelainan dan sebagainya. Maka dari itu setiap hari kita harus rajin mengkonsumsi makanan serat setidaknya ada yang masuk dalam tubuh walaupun tidak banyak.

3. Makanan Berkalsium

Kalau dengar kalsium pikiran langsung tertuju pada tulang. Yups, tulang membutuhkan kalsium yang cukup untuk menjaga kekuatan tulang. kalsium dapat didapatkan dari susu, keju, krim ikan salmon dan lain sebagainya.
Kalsium juga dapat memperbaiki jaringan saraf, mencegah kanker usus dan mencegah oestoporosis pastinya. terus jangan lupa jika kalsium turut membentuk RNA dan DNA yang ada dalam tubuh

4. Makanan BerKalium

Kalium sebagai zat yang menyeimbangkan tubuh dapat di peroleh dari kentang. Dalam kandungan kentang terdapat 600mg potasium dan elektrolit. (Dawn jackson)

5. Makanan Bervitamin

Banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai fungsi tersendiri dalam tubuh. Misalkan vitamin A yang dapat membantu pembentukan dan kesehatan kulit, mata, rambut. Selain itu vitamin A juga membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin A dapat diperoleh dari makanan: wortel, cabe erah, brokoli, kuning telur dan bayam. 
Selain vitamin A masih banyak vitamin lain yang berguna untuk kesehatan tubuh. Jadi perhatikan kandungan dari setiap makanan.

Begitulah Makanan sehat yang harus dikonsumsi dalam tubuh dengan kandungan yang ada. Ini sangat baik untuk tubuh sehingga menjadi sehat. Selanjutnya artikel klinik kesehatan akan menampilkan makanan, minuman, obat, kesehatan anak dan ibu yang baik untuk kehidupan.

Semoga bermanfaat!!!

0 Response to "Makanan Sehat Untuk Tubuh Kuat"

Posting Komentar